You are here

DIALOG AKADEMIK PRODI S2 PBSI PPS UNY

“Sejak semester 1, mahasiswa program magister harus sudah menyiapkan diri untuk menyusun tesis dalam rangka penyelesaian studi,” demikian dikatakan oleh Kaprodi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Program Pascasarjana UNY dalam acara Dialog Akademik Prodi S2 PBSI yang diselenggarakan pada hari Selasa  tanggal 12 Januari 2016.

Beliau melanjutkan bahwa pada akhir semester 1 diharapkan mahasiswa program studi S2 PBSI sudah memiliki draf proposal tesis dan selanjutnya akan disempurnakan pada semester 2 pada mata kuliah Seminar Proposal Tesis serta diteruskan dengan arahan pembimbing. Dengan demikian, beliau berharap, pada semester 3 mahasiswa sudah bisa memulai penelitian sebagai bahan penyusunan tesis dan pada semester 4 mahasiswa sudah bisa menyelesaikan studinya.

Acara dialog akademik prodi S2 PBSI PPs UNY tersebut dilaksanakan di Aula Lantai 3 Gedung Baru PPs UNY. Kegiatan itu dihadiri oleh 72 mahasiswa dari total 86 mahasiswa Prodi S2 PBSI PPs UNY. Dalam kesempatan itu, juga hadir Dr. Teguh Setiawan, staf Penjaminan Mutu PPs UNY.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Kastam Syamsi, juga memaparkan hasil studi tentang evaluasi diri strategi belajar mahasiswa terhadap mahasiswa S2 PBSI PPs UNY. Hasilnya antara lain disimpulkan semua mahasiswa mengerjakan tugas-tugas perkuliahan sesuai permintaan dosen dengan baik. Namun demikian, ditemukan sebagian besar mahasiswa jarang membaca referensi terkait topik perkuliahan yang akan disampaikan dosen dan jarang menyiapkan pertanyaan terkait terkait topik perkuliahan yang akan disampaikan dosen. Selain itu, juga diketahui bahwa sebagian besar mahasiswa jarang membaca buku atau referensi lain di perpustakaan. Sudah barang tentu, hal ini sungguh memprihantikan karena menunjukkan budaya baca dan kemandirian belajar yang masih rendah.

Acara dialog dilanjutkan dengan tanya jawab seputar strategi belajar di program pascasarjana. Pada bagian akhir, Dr. Kastam Syamsi mengharapkan agar mahasiswa S2 PBSI PPs UNY benar-benar belajar dengan serius agar bisa menyelesaikan studi tepat waktu. Apalagi, demikian beliau menghimbau, prodi S2 PBSI PPs UNY sekarang sudah terakreditas B oleh BAN PT sesuai dengan SK Nomor 1123/SK/BAN-PT/Akred/M/2015. (Kas)

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039)