You are here

Visi & Misi


PROGRAM STUDI S-2 PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NE6GE6RI YOGYAKARTA

 

PENDAHULUAN

Program studi Magister (S2) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) PPs UNY didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 360/E/O/2014 tanggal 27 Agustus 2014. Pendirian program studi ini ditujukan dalam rangka peningkatan kualifikasi dan kompetensi tenaga kependidikan, khususnya guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah menengah, pengawas, dan calon dosen Program Studi Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Awalnya, Program Studi S2 PBSI PPs UNY merupakan salah satu bidang konsentrasi pada Program Studi Linguistik Terapan PPs UNY.
.

VISI


Pada tahun 2030 menjadi Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang unggul dalam tridharma perguruan tinggi di kawasan Asia Tenggara berlandasakan ketakwaan, kemandirian, dan kecendekiaan.


MISI


Menghasilkan Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang memiliki kemampuan berikut ini :

  1. Mengembangkan dan memantapkan suasana akademik program studi secara efektif dan efisien.
  2. Menyelenggarakan tridharma perguruan tinggi dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
  3. Menggalang kerja sama dengan berbagai lembaga dalam dan luar negeri untuk melaksanakan tridharma perguruan tinggi dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

TUJUAN

Tujuan pendirian Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia PPs UNY adalah (a) menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki keahlian akademik dan profesional dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia; (b) menghasilkan penelitian yang menunjang pengembangan pendidikan dan pengajaran, ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia; (c) menghasilkan program-program kegiatan pengabdian kepada masya¬rakat di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia; (d) menghasilkan kerja sama dengan berbagai lembaga dalam dan luar negeri terkait dengan pengembangan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.


PROFIL KOMPETENSI LULUSAN

Profesi, bidang pekerjaan, atau keahlian yang dapat diisi oleh lulusan Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia PPs UNY adalah :

  1. Dosen perguruan tinggi jenjang diploma dan S1,
  2. Guru bahasa Indonesia SMP/MTs dan SMA/MA/SMK,
  3. Peneliti semenjana pendidikan bahasa dan sastra Indonesia,
  4. Penulis dan penyelia,
  5. Manajer dan instruktur lembaga diklat,
  6. Pengajar bahasa Indonesia untuk orang asing,
  7. Pengembang kebijakan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, dan
  8. Konsultan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

Capaian pembelajaran (Learning outcomes) Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia PPs UNY sesuai dengan profil lulusan dan jenjang KKNI level 8 terdiri atas sikap, pengetahuan, keterampilan khusus, dan keterampilan umum. Berikut ini adalah paparan atas capaian pembelajaran yang diharapkan dicapai oleh lulusan Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia PPs UNY.

Sikap:

  1.  bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cintatanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama,dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  7. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  8. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  9. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  10. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  11. mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hatiuntuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik.

Penguasaan Pengetahuan:

  1. Menguasai teori bahasa, sastra, serta berbahasa dan bersastra Indonesia untuk berbagai keperluan berkomunikasi lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan;
  2. Menguasai teori, konsep dan model belajar dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia sebagai alat untuk berkomunikasi dan menguasai berbagai disiplin ilmu melalui terbentuknya masyarakat literat;
  3. Menguasai teori, konsep dan model pengembangan program pembelajaran dan evaluasi program pembelajaran Bahasa dan sastra Indonesia yang mendidik untuk keperluan perancangan system evaluasi pembelajaran dan evaluasi program pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia;
  4. Menguasai teori, konsep dan model kebahasaan, kesastraan, dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

Keterampilan Khusus:

  1. Mahir berbahasa Indonesia secara lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan;
  2. Mampu menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran Bahasa dan sastra Indonesia;
  3. Mampu merencanakan pemetaan penelitian dalam bidang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia melalui pendekatan inter-atau multidisipliner;
  4. Mampu melakukan analisis dan pendalaman terhadap teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia;
  5. Mampu melakukan kajian terhadap kebijakan atau implementasi kebijakan di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melalui pendekatan interdisipliner dan multidisipliner.

Keterampilan Umum:

  1. Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam bidang ilmu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia sesuai dengan bidang keahlian pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melalui penelitian ilmiah, penciptaan kreatif tulisan serta menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis;
  2. Menyusun dan mengomunikasikan ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan didasarkan pada etika akademik, melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
  3. Mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi atau seni berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
  4. Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian untuk menjamin kesahihan dan menghindarkan plagiasi;
  5. Meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;
  6. Mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
  7. Mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan inter atau multi disipliner.

Daftar Dosen Pengajar Prodi PBSI

Prof. Dr. Suminto A Sayuti
Prof. Dr. Burhan Nurgiyantoro, M. Pd.
Prof. Dr. Zamzani, M. Pd.
Prof. Dr. Haryadi, M. Pd.
Prof. Dr. Suhardi, M. Pd.
Dr. Kastam Syamsi, M. Ed.
Dr. Suroso, M. Pd.
Dr. Wiyatmi, M. Hum.
Dr. Anwar Effendi, M. Si.
Dr. Tadkioratun Musfiroh
Dr. Maman Suryaman, M. Pd.
Pangesti Wiedarti, Ph. D.
Dr. Teguh Setiawan, M. Hum.
Dr. Nurhadi, M. Hum.

 

KURIKULUM

No.

Kode

Mata Kuliah

Semester

Jumlah SKS

1

2

3

4

I. Mata Kuliah Wajib PPs UNY

 

 

 

 

 

 

 

19

 

 

 

 

1.

PAS8201

Filsafat Ilmu

2

 

 

 

2.

PAS8302

Metodologi Penelitian Pendidikan

3

 

 

 

3.

PAS8303

Statistika

3

 

 

 

4.

PAS8149

Proyek Penulisan Tesis

 

1

 

 

5.

PAS8284

Bahasa Inggris

2

 

 

 

6.

PAS8249

Seminar Proposal Tesis

 

 

2

 

7.

PAS8650

Tesis

 

 

 

6

 

Jumlah SKS Mata Kuliah PPs

10

1

2

6

 

II. Mata Kuliah Prodi

 

 

  1. Mata Kuliah Wajiba
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

25 sks

1.

INA8301

Teori Bahasa

3

 

 

 

2.

INA8302

Teori Sastra

3

 

 

 

3.

INA8303

Analisis Wacana Bahasa

 

3

 

 

4.

INA8304

Analisis Wacana Sastra

 

3

 

 

5.

INA8205

Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

 

2

 

 

7.

INA8306

Pengembangan Pembelajaran Bahasa

 

3

 

 

8.

INA8307

Pengembangan Pembelajaran Sastra

 

 3

 

 

9.

INA8308

Kebijakan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

 

 

3

 

 

  1. Mata Kuliah Pilihan*)
 

 

 

 

1.

INA8209

Pengembangan Bahan Ajar

 

 

2

 

2.

INA8210

Penulisan Kreatif

 

 

2

 

3.

INA8211

BIPA

 

 

2

 

 

Jumlah SKS Mata Kuliah Prodi

6

14

5

0

Jumlah sks yang wajib diambil

16

15

7

6

44 sks

 

Catatan: *) Piliha salah satu

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039)